Mendukung upaya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam penanggulangan COVID-19, Program INVEST DM dengan dukungan dana dari rakyat Amerika melalui USAID untuk program komunikasi risiko COVID-19 inklusif dan pelibatan masyarakat bernama LeaN On by INVEST DM yang menyasar teman disabilitas dan kelompok rentan lainnya di tujuh wilayah dan di enam provinsi di Indonesia.

Program LeaN On by INVEST DM diimplementasikan dalam kemitraan antara Mercy Corps Indonesia, ThisAble, Human Initiative dan ASB Indonesia melibatkan lebih dari 500 orang promotor yang telah dikukuhkan oleh Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana BNPB. Masing-masing promotor bertugas menjangkau sekitar 300 orang teman disabilitas dan kelompok rentan lainnya diwilayah sasaran.

Thisable Foundation, sebagai pelaksana program LeaN On by INVEST DM di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya yang melibatkan 29 promotor Jakarta (termasuk pendamping) dan 28 promotor Bandung (termasuk pendamping). Sebelum melaksanakan penjangkauan, promotor terlebih dahulu melakukan pembekalan dalam rangka memastikan promotor sebagai bagian ujung tombak program ini memiliki pemahaman dan yang setara dan optimal terkait bagaimana program ini akan berlangsung, maka dibutuhkan sebuah kegiatan untuk menyampaika secara efektif berbagai hal yang harus dipersiapkan dan dimiliki.

Pembekalan offline promotor telah dilaksanakan, Jakarta pada tanggal 1 November 2020 bertempat di JS Luwansa Hotel. Sedangkan, Bandung pada tanggal 7 November 2020 bertempat di De Braga Hotel. Kegiatan pembekalan tersebut dilakukan sesuai dengan protokol Kesehatan serta melakukan rapid test sebelum acara dimulai. Saat ini, para promotor telah melakukan penjangkauan kedua yang  dilakukan secara online ataupun offline dengan mengikuti protokol kesehatan.

Program ini diharapkan agar teman disabilitas dan komunitas marginal mendapatkan kesempatan yang setara atas perlindungan selama COVID-19, melalui akses komunikatif risiko yang inklusif dan tepat waktu, serta keterhubungan dengan layananan / skema pendukung.

Categories: Event

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *