Untuk dapat menciptakan lingkungan inklusi di sekitar masjid, Thisable Enterprise dan So Nice mengunjungi tiga masjid dengan fasilitas ramah disabilitas di kawasan Jakarta Selatan. Tiga masjid tersebut adalah Masjid Jami An Ni’mah, Pondok Labu, Masjid Al Mukarromah, Pesanggrahan, dan Masjid El-Syifa, Ciganjur, Jagakarsa.

CEO dari Thisable Enterprise, Angkie Yudistia menjelaskan, selama ini ia telah melihat sulitnya teman disabilitas mengakses masjid menjadi hambatan setiap hendak beribadah. Hal ini dikarenakan, sebagian besar tempat ibadah di Indonesia belum memenuhi prinsip desain universal yang ramah bagi difable.

Kesukaran juga dialami teman tuli karena ketidakmampuan mereka mendengar sehingga tidak pernah mendengar dan memaknai azan hingga makna salat. Lewat program ini, So Nice dan Thisable Enterprise membantu pengadaan fasilitas berupa kursi roda di dalam masjid beserta kursi.

Kursi roda juga bisa dibantu dicuci oleh remaja masjid semisal jumlahnya masih kurang. Jalur-jalur yang memudahkan teman-teman difabel juga dihadirkan agar bisa salat di saf biasa seperti jemaah lain.

Kendati pengadaan fasilitas begitu penting, Angkie mengingatkan bahwa sebenarnya poin paling pentng untuk membuat masjid ramah difabel adalah keterlibatan DKM (Dewan Kemakmuran Masjid), serta, tentunya, jemaah.

Thisable Enterprise  bertujuan untuk meningkatkan wawasan para teman disabilitas mengenai cara memaksimalkan potensi dan kompetensi mereka guna meraih pekerjaan yang layak, meningkatkan akses para teman disabilitas untuk dapat berdaya secara ekonomi ,memberikan pelatihan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan para teman disabilitas dalam menghadapi seleksi ranah pekerjaan, dan terciptanya peluang lapangan pekerjaan di 10 kota di Pulau Jawa dengan total disabilitas yang ikut berpartisipasi lebih dari 3000 orang.

Categories: Event

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *